Esensi Standar IV dan V Sistem Pelayanan UKM dalam Akreditasi PUSKESMAS (#11)

Tidak ada media tersedia.

Diterbitkan pada 14 Mei 2020 oleh Admin

Bab IV dan V membahas mengenai Sistem Pelayanan UKM. Bab IV membahas tentang Pelayanan UKM yang berorientasi sasaran Perencanaan kegiatan tiap UKM PUSKESMASBeberapa poin yang perlu diperhatikan adalah : Analisis kebutuhan dan harapan masyarakatPembahasan konsultatif dengan masyarakat dan sasaranUpaya untuk memeroleh umpan balik dari masyarakat / sasaranPeluang inovatif Akses masyarakat . . .

dan sasarana terhadap UKM PuskesmasBeberapa poin yang perlu diperhatikan Akses terhadap kegiatan UKM sesuai kebutuhanAkses terhadap informasi : jadual kegiatanKesepakatan penjadualan, dan ketepatan waktu pelaksanaan kegiatan masing-masing UKMUmpan balik dan tindak lanjut terhadap permasalahan dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan, serta keluhan masyarakat / sasaran Evaluasi terhadap kinerja UKM PuskesmasBeberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : Penetapan indicator dan target pencapaian tiap UKMPengumpulan data kinerjaAnalisis data kinerjaTindak lanjutDokumentansiBab V Kepemimpinan dan Manajemen UKM Tanggungjawab pengelolaan UKMBeberapa poin yang perlu dicermati Penetapan tujuan, sasaran dan tata nilaiInformasi kepada pihak terkaitKOmunikasi dan koordinasiPenggunaan sumberdayaMinimalisasi risiko terhadap lingkunganTanggungjawab dalam pemberdayaan masyarakat Perencanaan kegiatan UKM mengacu pada pedoman kebutuhan masyarakatBeberapa poin yang perlu diperhatikan Perencanaan upaya yang terintegrasi dengan RUK yang dilakukan melalui kajian kebutuhan masyarakatRevisi perencanaan jika diperlukan sesuai dengan perubahan kebijakan pemerintah dan/atau perubahan kebutuhan masyarakat Pengorganisasian UKMBeberapa poin yang perlu diperhatikan Kejelasan tugas wewenang dan tanggungjawab (uraian tugas) : penanggungjawab dan pelaksana Komunikasi dan koordinasiBeberapa poin yang perlu diperhatikan: Kebijakan dan prosedur dalam pelaksanaan UKMBeberapa poin yang perlu diperhatikan Penetapan peraturan, kebijakan dan prosedur : acuan dalam penyelenggaran kegiatan UKMPengendalian dokumen eksternal dan internalEvaluasi kepatuhan pelaksanaan terhadap peraturan, kebijakan, kerangka acuan dan prosedurKebijakan dan prosedur evaluasi kinerja Akuntabilitas pengelolaan dan pelaksanaan UKMBeberapa poin yang perlu diperhatikan: Monitoring kinerja dan kegiatan UKMPengarahan kepala Puskesmas, penanggungjawab terhadap pelaksana, penilaian kinerja yang dilaksanakan secara periodic Hak dan Kewajiban sasaran UKMBeberapa poin yang perlu diperhatikan: Hak dan kewajiban sasaranAturan yang jelas sebagai bagian peraturan internal sebagai upaya untuk memenuhi hak , sasaran sesuai dengan visi misi dan tujuan masing-masing UKMSilahkan Download Contoh Kebijakan, Panduan, SOP dan Instrumen Akreditasi Puskesmas (FREE) ! Untuk daftar artikel bisa klik disini ! Untuk download contoh dokumen akreditasi bisa klik disini !

Login untuk membaca konten lengkap

Login