Petikan Wawancara Pemimpin dan Wawancara Masyarakat dalam Akreditasi Puskesmas

Tidak ada media tersedia.

Diterbitkan pada 11 November 2016 oleh Admin

Pertemuan Pra Kegiatan Survei Akreditasi (H-1) Sehari sebelum kegiatan akreditasiDipimpin oleh ketua tim surveiorDihadiri: Kepala PuskesmasPenanggung jawab mutu Puskesmas,Didampingi oleh salah satu Kepala Bidang dari Dinas Kesehatan Kabupaten/KotaSemua anggota tim surveior(surveior magang, jika ada)     Tujuan Pertemuan H-1 Tujuan, jadual, proses survei akreditasiPerkenalan surveiorKode etik surveiorKepala Puskesmas wajib berada . . .

di Puskesmas selama survei berlangsung (surat pernyataan)Pernyataan surveior untuk menjaga kerahasiaan (Surat Pernyataan Surveyor) Hari Pertama Waktu Surveior Manajemen Surveior Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Surveior Klinis Penanggung jawab acara 08.00 – 08.30 Pembukaan pertemuan: Perkenalan Tim Surveior dan PuskesmasPenjelasan Jadual Survei Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior 08.30 – 09.30 Presentasi Kepala Puskesmas tentang Garis Besar Kegiatan dan Upaya Puskesmas, dan upaya peningkatan mutu dan kinerja Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior 09.30 – 09.45 Rehat kopi: Surveior meminta: Daftar pasien rawat jalan dan rawat inap dua bulan terakhir untuk telaah rekam medis tertutupDaftar pasien rawat inap hari ini Ketua Tim Surveior 09.45 – 12.00 Telaah dokumen manajemen Telaah dokumen UKM Telaah dokumen pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 12.00 – 12.30 Telaah dokumen manajemen Telaah dokumen UKM Telaah rekam medis tertutup Ketua Tim Surveior 12.30 – 13.30 Ishoma 13.30 – 15.30 Telusur Sistem Manajemen Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 15.30 – 16.00 Pertemuan Tim Surveior Ketua Tim Surveior Hari Kedua Surveior manajemen Surveior Upaya Puskesmas Surveior Pelayanan Klinis 08.00 – 08.45 Klarifikasi dan masukan Ketua Tim Surveior Telusur Sistem Manajemen Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 08.45 – 09.00 Rehat Kopi 09.00 – 12.00 Telusur Sistem Manajemen Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 12.00 – 13.00 Ishoma 13.00 – 14.30 Telusur Sistem Manajemen Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 14.30 – 15.30 Telusur Sistem Manajemen Telusur Sistem Penyelenggaraan UKM Telusur rekam medis terbuka dan wawancara pasien Ketua Tim Surveior 15.30 – 16.00 Pertemuan Tim Surveior Ketua Tim Surveior Hari Ketiga Surveior manajemen Surveior Upaya Puskesmas Surveior Pelayanan Klinis 08.00 – 08.45 Klarifikasi dan Masukan Ketua Tim Surveior 08.45 – 09.30 Wawancara pimpinan Ketua Tim Surveior 09.30 – 09.45 Rehat Kopi 09.45 – 12.30 Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sector Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sektor Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 12.30 – 13.30 ISHOMA 13.30 – 14.30 Pemeriksaan fasilitas Telusur ke tokoh masyarakat dan lintas sektor Telusur sistem pelayanan klinis Ketua Tim Surveior 14.30 – 15.30 Penyusunan Laporan (rapat internal surveior) 15.30 – 16.30 Exit Conference Penutupan Kepala Puskesmas Ketua Tim Surveior Pembelian Masukan dan klarifikasi Awal hari ke dua dan awal hari ke tiga: masukan dan klarifikasi terhadap fakta-fakta yang diperolehSurveior pada malam sebelumnya: pertemuan internal persiapan paparan pada saat masukan & klarifikasiFakta-fakta baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan kriteria/standar secara garis besar, dan memberikan saran/masukan.Penyampaian paparan dapat diwakili oleh salah satu surveior atau dapat disampaikan bergantian lebih-kurang dalam waktu 45 menit dan dilanjutkan tanggapan dari Puskesmas selama 15 menit.    Wawancara Pimpinan Pada hari ketiga dilakukan wawancara pimpinan yang bertujuan untuk : menggali lebih dalam bagaimana Kepala Puskesmas bersama para penanggung jawab UKM dan UKP merencanakan dan mengelola kegiatan Puskesmas, melakukan pengukuran kinerja, dan komitmen untuk meningkatkan mutu dan kinerja Puskesmas, serta keselamatan pasienPertemuan ini dipimpin oleh Surveior administrasi dan manajemen.      Pertanyaan-pertanyaan untuk wawancara pimpinan Bagaimana proses perencanaan dilakukan di Puskesmas (baik perencanaan lima tahunan, rencana tahunan, dan bagaimana menjabarkan dalam rencana kegiatan bulanan)Bagaimana mengintegrasikan UKP dan UKMApakah dilakukan prioritas baik dalam pelayanan UKP maupun UKM, dasar melakukan prioritas.Bagaimana mengintegrasikan kegiatan UKP dan UKMBagaimana koordinasi dan komunikasi dilakukanBagaimana pengorganisasian dalam pelaksanaan kegiatan UKP dan UKMBagaimana penilaian kinerja UKM dan UKP dilakukan, bagaimana penetapan indicator kinerja, bagaimana cara penilaian, monitoring dan tindak lanjutnya?Bagaimana mengupayakan peningkatan kinerja karyawanRencana kedepan setelah akreditasi untuk meningkatkan kinerja dan memelihara upaya peningkatan mutu Bagaimana dukungan Dinas Kesehatan Kabupaten terhadap peningkatan mutu dan kinerja Puskesmas dan keselamatan pasienVisi ke depan Puskesmas dan dinas kesehatan untuk peningkatan mutu, kinerja, dan keselamatan pasien di Puskesmas-Puskesmas di wilayah kerja      Wawancara lintas sektor dan masyarakat Bagaimana pemberdayaan masyarakat dan keterlibatan lintas sektor dalam kegiatan Puskesmas mulai dari perencanaan, pelaksanaan, sampai dengan monitoring dan evaluasiWawancara ini dapat dilakukan dengan cara lintas sektor dan wakil tokoh masyarakat diundang ke Puskesmas, atauSurveior administrasi manajemen dan surveior UKM melakukan kunjungan ke lintas sektor dan tokoh masyarakat.Jika wawancara dilakukan di Puskesmas, maka pertemuan tersebut dapat dipimpin oleh surveior UKM.      Pertanyaan Pemandu Bagaimana keterlibatan lintas sektor dalam perencanaan PuskesmasBagaimana keterlibatan tokoh masyarakat dalam perencanaan PuskesmasBagaimana keterlibatan Puskesmas dalam musrenbangBagaimana keterlibatan Puskesmas dalam mengupayakan peningkatan kesehatan masyarakat di desa/kecamatanBagaimana pelaksanaan SMD dan MMDBagaimana proses penjadwalan kegiatan Puskesmas di desa ketika ada kegiatan-kegiatan yang dilakukan di desaApakah kecamatan dan lintas sektor memperoleh jadual kegiatan Puskesmas di desaBagaimana keterlibatan lintas sektor, tokoh masyarakat, dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas di masyarakatBagaimana keterilbatan lintas sektor, tokoh masyarakat dalam monitoring dan evaluasi kinerja pelayanan Puskesmas      Exit conference/ closing meeting Pertemuan penutup yang dipimpin oleh Ketua Tim Surveior.Ketua Tim Surveior (dan anggota) menyampaikan secara garis besar fakta-fakta yang diperoleh selama survei baik yang positif maupun yang belum sesuai dengan standar ataupun kriteria dan memberikan garis besar rekomendasi yang perlu ditindak lanjuti oleh Puskesmas.Surveior tidak diperkenankan menunjukkan hasil penilaian dan memberitahukan status akreditasi hasil penilaian.Setelah menyampaikan fakta dan rekomendasi, surveior menyatakan bahwa survei telah selesai dilakukan dan menyerahkan kembali acara kepada Kepala Puskesmas.       Dapatkan Jadwal Pelatihan Syncore Disini Download Materi BLU/BLUD Software BLU/Non BLUD       Bagaimana cara mengudang PT. Syncore Indonesia untuk pelatihan? Anda dapat menghubungi: Rahmadani Lutfiawati CP: 082 274 900 800 / fia@syncoreconsulting.com Diana Septi A CP: 0877 38 900 800 /training@syncore.co.id Telepon Kantor: 0274 – 488 599 Untuk informasi lebih lengkap kunjungi web kami : www.syncore.co.id

Login untuk membaca konten lengkap

Login